Wednesday 10 June 2009

Skripsi

. Wednesday 10 June 2009

PENGEMBANGAN POTENSI PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH (PTJJ) DI KOTA CIMAHI DALAM RANGKA MENINGKATKAN AKSES PERGURUAN TINGGI.

Oleh M.Mujiono

Abstrak

Pendidikan sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Indonesia terdiri dari banyak pulau yang mengakibatkan adanya kesenjangan dalam mendapatkan kesempatan pendidikan antara daerah maju dan daerah terpencil. Untuk pendidikan tinggi, banyak kendala yang di alami, misalnya lokasi perguruan tinggi yang jauh dari tempat tinggal dan biaya kuliah yang masih tinggi. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan PTJJ.

PTJJ adalah metode pembelajaran di mana karakteristiknya adalah keterpisahan jarak secara fisik antara dosen dan mahasiswa dan di mediasi oleh bahan ajar baik bahan ajar cetak maupun non cetak.

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas Program PTJJ perlu diadakaan penelitian dan evaluasi terhadap pelaksanaan PTJJ yang telah ada. Sasaran penelitian secara umum dititik beratkan pada penyelenggara PTJJ dan secara khusus pada program PTJJ D3TKJ (Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh D3 Teknik Komputer Jaringan). PTJJ D3TKJ adalah program beasiswa antara 69 institut/politeknik/uneversitas/sekolah tinggi sebagai penyelenggara bekerjasama dengan BPKLN DEPDIKNAS( Biro Perencanaan Kerja dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional) sebagai pemberi beasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi daerah dan peneyelenggara PTJJ untuk program PTJJ selanjutnya.

Selain untuk penyelesaian skripsi, penelitian ini juga merupakan tugas yang diberikan oleh SEAMEO SEAMOLEC dalam program HIFORCE ( Hybrid Learning for Indonesian Computer Technician).

Metode yang digunakan untuk Penelitian ini adalah dengan membagikan instrumen kuisioner dan instrumen wawancara kepada peserta dan Penyelenggara PTJJ di Poltek TEDC Bandung. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan akses ke perguruan tinggi.

Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas PTJJ pada khususnya dan Pendidikan di Indonesia di umumnya.

Kata kunci : PTJJ


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment