Wednesday 10 June 2009

Skripsi BAB I

. Wednesday 10 June 2009

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang tangguh, unggul,kreatif dan berdaya saing yang tinggi adalah salah satu aset bagi suatu bangsa. Suatu bangsa yang tidak memiliki SDM yang berkualitas akan tertinggal, sebaliknya bangsa yang mempunyai kualitas SDM yang tinggi akan dapat bersaing dengan bangsa lain dalam segala bidang.

Pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM,. Oleh karena itu sektor pendidikan harus tetap menjadi prioritas, kendati keadaan ekonomi sedang dilanda krisis dan resesi. Dunia kerja di Indonesia mensyaratkan SDM yang berkualifikasi pendidikan tinggi yang mengakibatkan persaingan semakin ketat sehingga lulusan pendidikan menengah sulit untuk bersaing, mau tidak mau jenjang yang lebih tinggi harus ditempuh untuk meningkatkan daya saing. Tetapi, pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan tinggi mempunyai beberapa kendala, diantaranya adalah ketidak merataannya letak perguruan tinggi di sebuah daerah serta biaya pendidikan yang masih tinggi

Salah satu solusi yang cocok untuk masalah di atas adalah dengan sistem PTJJ(Pendidikan Tinggi Jarak Jauh), karena dengan PTJJ jarak yang jauh dari Institusi pendidikan bukan menjadi masalah lagi serta biaya pendidikan akan lebih terjangkau. Selain itu, dengan PTJJ, seorang pekerja dapat tetap kuliah tanpa mengganggu pekerjaaanya, mahasiswa bisa bekerja tanpa takut tertinggal pelajaran.

PTJJ sangat tepat dijalankan di Indonesia, karena wilayahnya terdiri dari banyak pulau yang terpisah oleh laut. Jarak yang jauh antara daerah kota yang biasanya merupakan pusat pendidikan dengan daerah pedalaman, mengakibatkan pemerataan pendidikan sulit dilakukan dengan pendidikan dengan cara konvensional (tatap muka).

Salah satu contoh penyelenggaraan PTJJ adalah D3TKJ (D3 Teknik Komputer Jaringan) yang diadakan sejak tahun 2006, program ini adalah program beasiswa dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri(BPKLN) Depdiknas(Departemen Pendidikan Nasional) yang bekerjasama dengan 69 Universitas/politeknik/institut/sekolah tinggi di Indonesia. Tujuan dari D3TKJ adalah untuk meningkatkan kualitas SDM lulusan sekolah menengah yang ahlidibidang komputer dan jaringan komputer. Selain itu program ini bertujuan untuk mendapatkan teknisi terampil untuk merawat Jejaring Pendidikan Nasional(Jardiknas). Jardiknas adalah jaringan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi(TIK) yang digunakan untuk meningkatkan kordinasi lembaga dan pemerataan akses pendidikan di seluruh wilayah indonesia, jaringan tersebut menghubungkan kantor pusat Depdiknas dengan kantor-kantor Dinas Pendidikan Provinsi, kantor-kantor Dinas Pendidikan Kab./Kota, dan sekolah.

Salah satu mata kuliah yang diajarakan di dalam PTJJ D3TKJ adalah JENI, merupakan sebuah program pendidikan yang di prakarsai oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan tujuan untuk menyediakan layanan integratif bagi mahasiswa di Indonesia untuk mempelajari, berbagi dan mengembangkan solusi berbasis JAVA.

Poltek TEDC Bandung merupakan salah satu penyelenggara PTJJ D3TKJ yang menjadi tempat penelitian,di Poltek TEDC Bandung yang memiliki mahasiswa yang terdiri dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut.

1.2 Rumusan Masalah

1. Bagaimana persepsi masyarakat kota cimahi tentang PTJJ?

2. Seberapa besar daya beli masyarakat Kota Cimahi?

3. Bagaimana meningkatkan kapasitas mahasiswa di Perguruan Tinggi?

4. Bagaimana penempatan dan honor PTJJ D3TKJ di tempat magang?

5. Bagaimana perbandingan kompentensi mahasiswa PTJJ D3TKJ dengan mahasiswa regular?

6. Potensi aset (sekolah, laboratorium, dll) kota cimahi untuk penyelenggaraan program PTJJ?

7. Masalah-masalah yang dialami dalam penyelenggraan PTJJ D3TKJ?

8. Berapa besar potensi angkatan selanjutnya dengan memanfaatkan jumlah sekolah yang ada?

9. Bagaimana kedalaman materi JENI untuk pengembangan game?

1.3 Batasan Masalah

1. Tempat diadakan penelitian di Kota Cimahi.

2. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa PTJJ D3TKJ.

3. Penelitian dilakukan di POLTEK TEDC Bandung.

1.4 Tujuan dan Manfaat

1.4.1 Tujuan

1. Dapat mengetahui dan meningkatkan jumlah mahasiswa yang ditampung tanpa membangun gedung baru.

2. Mengetahui daya beli masyarakat Kota Cimahi agar bisa dilihat kemampuan untuk biaya melanjutkan pendidikan tinggi dengan PTJJ.

3. Melihat dan membandingkan sejauh mana kompentensi mahasiswa PTJJ D3TKJ dengan mahasiswa regular.

4. Mengetahui honor magang mahasiswa PTJJ D3TKJ.

5. Mengetahui tanggapan masyarakat terhadap program PTJJ.

6. Melihat jumlah sekolah yang bisa dijadikan tempat magang mahasiswa PTJJ D3TKJ angkatan selanjutnya.

7. Mengetahui masalah yang dialami penyelenggara PTJJ D3TKJ.

8. Melihat seberapa jauh materi JENI yang diajarkan kepada mahasiswa PTJJ D3TKJ.

1.4.2 Manfaat

a.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment